Pages

Subscribe:

Friday 5 April 2013

Sejarah Handphone Nokia

NOKIA


            Nokia? Ada apa dengan Nokia? Perkembangan ponsel ditanah air cukup menggembirakan dg membanjirnya berbagai merek ponsel. Dari berbagai merek yang beredar, Nokia-lah yang paling popular di Indonesia. Entah mengapa, maka dari itu akan diulas seputar sejarah dan asal-usul Nokia.
            Nama Nokia berawal dari sebuah nama komunitas yang tinggal disungai Emokoski, Finlandia Selatan. Dari situlah cikal bakal perusaha’an nokia berasal. Perusaha’an nokia dimulai pada sa’at seorang insinyur bernama Fedrik idestam membangun tempatpenggilingan kayu di finlandia selatan pada tahun 1865. Tepatnya idestam mendirikan pabrik kertas di pinggiran sungai Emakoski. Gelombang industri yang melanda eropa membawa angin segar pada usaha kertas milik idestam. Perminta’an kertas meningkat tajam . Finlandia bagian selatan pun menjelma menjadi kawasan industri yang banyak diserbu para pekerja. Tak pelak, sebuah komunitas pekerja bernama nokia terbentuk dan tinggal disepanjang sungai emakoski.
            Kehadiran komunitas nokia ternyata menarik sejumlah investor, sebut saja perusaha’an Finnish Rubber Works, merupakan salah satu perusaha’an yang tertarik mendirikan pabrik diwilayah komunitas nokia. Pada tahun 1920-an Rubber Works menggunakan nama nokia sebagai nama produknya, anatara lain sepatu, ban, jas huja, dan perlengkapan industri. Semasa perang dunia II berakhir, Rubber Works membeli saham mayoritas Finnish Cable Works yang bergerak dalam bidang transmisi, telegram, dan jaringan telepon. Pada tahun 1967, Rubber works merger dengan Cable Works dan muncul dengan nama nokia grup, Sejak itu nama nokia sebagai produk telekomunikasi mulai berkibar, tiga tahun kemudian, sekitar 1970-an, nokia berhasil meluncurkan digital switch yang diberi nama Nokia DX 200, DX 200 menggunakan bahasa pemrograman computer tingkat tinggi dan mikro processor intel, kemudian dikembangkan sebagai jaringan infrastruktur Nokia. Pada waktu yang bersama’an, nokia juga menciptakan jaringan telepon mobile. Pada awal tahun 1981, nokia meluncurkan produk bernama  Nordic Mobile Telaphone (NMT). NMT merupakan jaringan multi-international yang pertama didunia. Sepanjang decade 1980-an, NMT diperkenalkan ke sejumlah Negara dengan sambutan yang luar biasa. Nokia terus mengembangkan industri ponselnya, pada tahun 1991, nokia menjadi suplayer jaringan GSM ke sembilan Negara dikawasan Eropa. Pada agustus 1997, nokia menjadi suplayer system GSM ke 59 operator di 31 negara. Pada sa’at ini, nokia telah mengeluarkan hampir sebanyak 2.100 seri ponsel dan mendulang sukses yang mengesankan dan luar biasa. Inilah salah satu mengapa produk nokia popular di Tanah Air.

1 comments:

Anonymous said...

thanks min artikelnya ini, menambah wawasan...
kawat serabut

Post a Comment