Pages

Subscribe:

Friday 29 March 2013

PERKEMBANGAN TELEPON SELULER GENERASI PERTAMA

Telephone Seluler ( HP ) Generasi Pertama

              Generasi pertama dimulai pada akhir tahun1970-an di amerika serikat ( di Eropa
pada awal tahun 1980-an). Perangkat wireles yang digunakan pada sa’at itu adalah Advanced Mobile Phone Service (AMPS) dan di lounching pertama kali di new jersey dan chicago pada tahun 1978. AMPS merupakan system telephone wirelless analog yang cukup sukses di amerika. AMPS berhasil memberikan pelayanan telepon bergerak yang dapat menjangkau  sebagian besar daratan amerika serikat. Namun AMPS memiliki banyak kelemahan, antara lain sebagai berikut:

1 Mobilitas pengguna sangat terbatas karena kemampuan penerima’an masih tergantung wilayah yang tidak begitu luas yang menyebabkan pembicara’an akan terputus apabila pengguna berada diluar jangkauan area.
2. Efisiensi yang sangat kecil karena keterbatasan kapasitas spectrum yang menyebabkan sedikit pengguna yang dapat berbicara dalam waktu bersama’an.
3. Sistem ini tidak dapat dioptimasi lebih lanjut karena keterbatasan kemampuan kompresi dan coding.
4. Sistem ini mempergunakan perangkat dan peralatan yang berat dan tidak peraktis serta masih sangat mahal untuk ukuran waktu itu.
       
           Generasi pertama telepon wirwlless di kawasan eropa ditandai dengan diluncurkannya 9 standar sistem analog pada awal tahun 1980-an, diantaranya Nordic Mobile Telephony (NMT) di skandinivia, Total Access Comunications System (TACS) di inggris, dan C450 di jerman. NMT sa’at ini telah berkembang menjadi sebuah perusaha’an ponsel multi-international dengan nama Nokia. Sistem generasi pertama juga memiliki kelemahan lainnya, yaitu seluruh sistem yang telah ada (belum) tidak berinterkoneksi dengan sistem lainnya, akibatnya banyak standar jaringan yang muncul yang muncul menjadikan kemampuan jelajah dari setiap jaringan sangat terbatas.
 


1 comments:

Anonymous said...

dulu bentuk ponsel sepeti itu yaa,...
tempat thinner

Post a Comment